Diberdayakan oleh Blogger.

Terobosan Mahasiswa Unwiku Ciptakan Software Kamus Bahasa

Twitter
Facebook
Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma Purwokerto, Citra Pradipta (angkatan 2011) mengembangkan
aplikasi kamus Bahasa Jawa-Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris.

"Software aplikasi ini dapat membantu seseorang menterjemahkan kata dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan ke Bahasa Jawa
atau sebaliknya dengan lebih mudah, bahkan dapat dioperasikan dengan iPhone/ Ipod/ Ipad," kata Citra Pradipta di Kampus Teknik beberapa waktu yang lalu.

"Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi itu berbasis Delphi XE 4, dan dapat diopersikan dengan menggunakan perangkat dengan sistem operasi windows dan iOS," katanya.

Citra juga mengatakan bahwa Banyumas merupakan pangsa pasar potensial dalam sektor pariwisata yang berpeluang untuk mendatangkan banyak turis dari manca negara. Perbedaan bahasa seringkali menjadi salah satu kendala dalam berkomunikasi. Penggunaan Kamus bahasa diharapkan dapat membantu mengatasi kendala tersebut. Akan tetapi
penggunaan kamus dalam format dokumen, apalagi bagi turis asing, tentu saja sangat merepotkan. Oleh karena itu, aplikasi kamus yang berfungsi untuk menterjemahkan berbagai bahasa yang bersifat, akan sangat berguna.


Menurut Citra, selain dapat menterjemahkan kata dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau sebaliknya, aplikasi itu juga mampu menampilkan format pengucapan (speech).

Menurut Citra, ada delapan menu di antaranya menu translate Bahasa Jawa-Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa-Bahasa Inggris,  menu Bahasa Indonesia-Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris, Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris-Bahasa Jawa , menu Input kosa kata, dan menu keluar.

Setelah diujicobakan, kata dia, aplikasi ini akan dikembangkan supaya dapat dioperasikan dengan sistem operasi yang lain, misalnya symbian dan android, sehingga dapat dipasang di semua ponsel," katanya.
 
2012 Iklan Radar Banyumas Gratis Tanpa Bayar | Nama Toko Anda
Template modified by: Belanja Barang Murah